Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer dalam satu daerah geografis atau satu gedung dengan menggunakan suatu media tertentu, misalnya copper, fibber, atau pun wireless.
Ada pun ciri-ciri dari terminologi LAN adalah :

  • bekerja pada area geografis yang terbatas.
  • dapat digunakan multi access hingga high bandwidth media
  • menggunakan administrator jaringan secara lokal (administrator lokal)
  • koneksi secara full time dan langsung

Perangkat yang umumnya digunakan dalam LAN adalah :

  • Hub
  • Ethernet Switch
  • Bridge
  • Repeater
  • Router

Jaringan LAN dapat dikategorikan kedalam 2 jenis :

  1. Client Server
    Pada kategori ini terdapat tingkatan terhadap perangkat jaringan. Kategori client servermembedakan perangkat/ device jaringan menjadi perangkat CLIENT dan SERVER. Dan biasanya, file-file client akan disimpan didalam server untuk digunakan kembali, atau dishare ke dalam jaringan.

    • Server : adalah perangkat jaringan yang menyajikan lanyanan kepada para client. Sifat umum dari server adalah pasif. Artinya, server baru akan aktif melayani permintaan saat client meminta layanan. Jika tidak ada permintaan layanan, maka server tidak akan memberikan respon layanan.
    • Client : adalah perangkat jaringan yang melakukan permintaan ke server. Analoginya, biasanya seorang user akhir dengan komputer, laptop atau device jaringan yang meminta layanan jaringan ke server baik berupa sharing file, printer atau pun perangkat jaringan lainnya. Client adalah device jaringan yang bersifat aktif, artinya client yang memiliki inisiatif untuk meminta layanan jaringan kepada server. Baru kemudian server akan menangani permintaan client.

    *** Keuntungan menggunakan kategori Client Server adalah karena jaringan ini memiliki tingkat keamanan yang terjamin dan administrasi jaringan yang lebih rapi. Selain itu juga karena tersedianya back up data/ file di server.

  2. Peer to Peer
    Dalam kategori jaringan ini setiap perangkat komputer memiliki derajad yang sama. Tidak dibedakan menjadi pelayan (server) atau yang dilayani (client). Setiap file disimpan oleh client itu sendiri dan dapat digunakan oleh client yang sama.*** Peer to Peer adalah kategori jaringan yang murah, yang cocok digunakan untuk aplikasi perkantoran kecil atau jaringan dirumah. Kelemahan dari jaringan ini adalah kurangnnya proteksi terhadap penggamanan file-file yang di sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s